Thursday, January 14, 2016

Resep Angeun Lada

Selamat sore sobat Resep Ala Cafe semuanya, sudah lama rasanya yah blog kita ini ga ada updatetannya maafkan ya sob mungkin karena miminnya cuma sendiri aja neh mimin juga lagi banyak kegiatan jadi belum sempat update postingan resep ala cafe lagi buat sobat semuanya. 

Tapi kalau ada dari sobat yang mau jadi author atau penulis di blog ini dengan senang hati mimin akan menerima, karena bagaimanapun dan dimanapun yang namanya berbagi itu sangat indah sob dan bahagia apalagi sampai bermanfaat buat semua orang gile kan sob rasanya gimana hehehe.

Sebelum masuk ke dapur atau masak-memasak selanjutnya mimin mau nanya gimana neh kabar sobatnya Ala Cafe semuanya udah pada kangen atau belum neh ama tulisan dan resep mimin selanjutnya, bilang aja kangen lah ya :D

Oke sob pada postingan kali ini mimin akan coba share resep yang spesial yang berasal dari Banten, makanan ini termasuk resep tradisional yang tentunya bisa dijadikan menu resep ala cafe.

Masakan Angeun Lada merupakan makanan olahan jerohan sapi yang sangat terkenal di daerah Banten khususnya daerah serang selatan sekitar Pandeglang dan lebak. Di daerah tersebut Angeun Lada merupakan menu wajib untuk sajian keluarga terutama pada saat perayaan hari besar seperti lebaran maupun saat acara-acara penting keluarga.

Sesuatu yang membuat hidangan masakan ini menjadi khas adalah campuran daun walang yang membuat masakan menjadi beraroma kuat dan khas. Daun ini disebut daun walang karena aromanya sangat kuat seperti bau dari serangga seperti walang sangit.

Nah buat sobat Ala Cafe yang penasaran dengan rasanya dan baunya yang khas silahkan simak ya sob resep dan cara pembuatannya berikut ini.

Bahan yang diperlukan :
  1. Iga sapi dicuci bersih dan direbus sampai empuk - 500 gr
  2. Bawang merah utuh digoreng - 7 siung
  3. Cabe merah besar utuh digoreng - 2 buah
  4. Kencur dikuliti dan digoreng - 3 cm
  5. Kunyit dikuliti dan digoreng - 1 cm
  6. Kemiri di goreng - 5 buah
  7. Honje atau kecombrang digeprek - 1 batang
  8. Tomat direbus dan dikuliti - 2 buah
  9. Garam dan kaldu instant - secukupnya
  10. Minyak untuk menumis - 5 sendok makan
  11. air matang - 1/2 liter

Cara Pembuatan :
  • Rebus iga sapi setengah matang dan buang air rebusan pertama. Rebus kembali iga hingga empuk dengan 1,5 liter air
  • Angkat dan sisihkan.
  • Gerus bumbu yang telah digoreng sampai benar-benar halus, kemudian masukkan kedalam rebusan iga.
  • Haluskan juga tomat yang telah direbus dan dikuliti, kemudian masukkan kedalam rebusan iga
  • Masukkan kecombrang yang telah digeprek dan di masukkan ke dalam rebusan iga
  • Aduk-aduk dan bubuhi dengan garam dan kaldu instant, icip sesuai rasa
  • Masak dan aduk hingga bumbu tercampur rata, angkat dan sisihkan 

Bagaimana sobat gampang banget kan proses pembuatannya, tapi rasa dijamin Ala Cafe lo sobat semuanya, Selamat berkarya dan mencicipi, estimasi pembuatan sekitar 120 MENIT. 

No comments:

Post a Comment

Kalau ada pertanyaan, kritik dan saran silahkan dibikin yah di kotak comentar, silahkan isi nama, tidak boleh anonim yah